Tuesday, October 17, 2017

Gumuk Pasir: Sensasi Sand-Boarding ft Sunset

Weekend ini kemana nih? Kadang mager juga nggak sih kalau mau jalan-jalan tapi agak jauh. Kalau main ke Jogja, enaknya main kemana? Pertanyaan yang wajib ditanyain mah ini. Jujur, hampir setiap weekend saya menyempatkan untuk main. Entah main kemana yang jauh, yang deket, di gunung, atau di pantai. Yang penting mah main, nggak di kosan. Contohnya aja pantai yang terbilang cukup dekat dari Jogja, ya Pantai Parangtritis atau Pantai Parangkusumo yang ada di Bantul. Kalau main ke pantainya doang tapi nggak nyobain gumuk pasirnya, keknya ada yang kurang deh.

Sebelumnya sih pernah main ke gumuk pasir, tapi cuman buat foto-foto doang waktu itu. Mungkin di bulan Desember tahun 2013, cuman nemenin adik karena pas di Jogja. Tiga setengah tahun berselang, akhirnya main lagi ke gumuk pasir tapi nyoba sensasi yang baru nih. Main sand boarding! Yeay! Sebenernya sih main sand boarding sudah masuk ke dalam bucket-list sebelum meninggalkan Jogja, kalau udah wisuda. Untungnya bisa terpenuhi!

Baru sampai dan siap-siap meluncur

Susah nggak sih sand boarding?

Ini sih tergantung. Saya sih ngebayanginnya bakalan susah. Soalnya waktu adik angkatan yang meluncur duluan, nggak mulus turunnya sampai bawah. Bahkan jatuh! Ciuman ama pasir pantai hehe. Oh iya, papan sand boarding itu tergolong gede, terus ada tempat buat nyelipin kaki gitu. Dasar dari papannya jangan lupa dikasi lilin khusus gitu, biar meluncur dengan mulus ke bawah, nggak macet atau malah jadi nggak mau turun. Sebagai orang yang sewaktu itu nyobain pertama kali, awalnya sih agak deg-degan juga pas mau turun. Cuman kan itu yang dicari, rada adrenalinnya kan hehe. Padahal nggak seserem itu juga kok. Turunannya juga nggak terlalu curam, tapi lumayan lah kalau jatuh terus guling-guling. Syukurnya, waktu saya turun untuk pertama kalinya, cuuuss! Turun dengan anggun, mempesona, dan aman sampai bawah hahaa. Agak kaget sih waktu turun, untungnya kagak kehilangan keseimbangan. Mirip kayak main skate board, main sand boarding juga perlu keseimbangan biar turunnya mulus.

My first try! Success! Yeay!
Masih terlihat happy, karena baru mendaki untuk kedua kalinya haha
Failed aja tetep kelihatan oke kan?

Berasa muncak gunung berkali-kali…

Akhirnya, saya pun ketagihan buat main sand boarding. Turunnya sih enak tinggal meluncur cantik, nah naiknya nih jadi PR banget dah. Turun paling itungan detik deh, naiknya bermenit-menit haha. Harus ngangkut sand boardingnya terus ‘mendaki’ bukit pasir. Seinget saya sih, mulai main-main itu dari jam 4 sore. Terus baru kelar ya waktu matahari udah nggak ada. Saya inget banget kayaknya ada deh meluncur turun ampe puluhan kali. Habis turun, naik lagi, terus ngakunya “duh capek ah” tapi semenit kemudian turun lagi. Gitu terus-terusan. Sampai pindah-pindah spot, ganti-ganti gaya untuk meluncur, ganti-ganti pasangan juga, bukan pasangan hidup ya.

Pindah lokasi, mendaki lagi, meluncur lagi, sampai lelah
Ganti gaya buat meluncur
Tipe gaya lainnya hehe
Tipe gaya lain tapi semi failed dan berganti pasangan

Cara main sand boarding gimana?

Sebenarnya saya juga nggak tau-tau banget sih hehe. Cuman apa yang saya praktikkan berjalan mulus. Seperti yang saya bilang sebelumnya, pastikan sebelum turun, bagian bawah papan dalam kondisi licin karena lilin. Kalau papannya nggak mulus pas turun, bisa jadi lilinnya udah habis. Jadi, olesin aja lagi. Lilinnya bisa beli di lokasi sand boarding. Setelah itu, selipin deh kedua kaki di tempat yang udah ada di papannya. Biasanya sih kaki kirinya dulu, terus kaki kanan buat dorong perlahan-lahan papannya pas mau turun. Terus begitu papannya udah berasa mau meluncur turun, selipin kaki kanannya di tempat yang udah ada. Badannya agak condong ke depan, untuk menjaga keseimbangan pas turun. Jangan terlalu bungkuk ya! Nanti malah ngeroll, bukan sand boarding malah senam lantai jadinya. Terus kendaliin deh sand board nya supaya tetep seimbang. Udah mending langsung praktik aja! Hehe.



Bonus: Beautiful Sunset!

Kalau mantai sebisa mungkin buat ngelihat sunset dong. Gumuk Pasir ini deket banget sama pantai otomatis bisa ngelihat sunset juga! Kebetulan hari itu ceraaah banget! So, sunsetnya bagus pake banget! Udah capek naik-turun bukit pasir berpuluh-puluh kali. Akhirnya, saya istirahat dulu sambil nyunset cantik. Eits, jangan lupa foto-foto juga pastinya. Tujuan ke sini juga, biar punya stok foto jalan-jalan sih hehe. Saya merekomendasikan tempat ini buat kamu kunjungi kalau main ke Jogja! Nggak begitu jauh dari kota juga sih, dibandingkan pantai-pantai lainnya.

Taken by iPhone 6 ft VSCO

Sunset di Gumuk Pasir
#nofilter taken by Sony A5000

Berapaan nyewa sand boarding?

Sejujurnya sih, saya nggak nyewa, karena ini bareng kegiatan pecinta alam. Kalau baca-baca sih sekarang kira-kira Rp 150.000/ sand board untuk penggunaan sepuasnya. Jadi, mungkin bisa gantian gitu mainnya kan. Pantungan gitu kalau mau main sand boarding. Nah, kalau lilinnya kurang tau sih berapaan, mungkin Rp 10.000-an tergantung mau belinya berapa juga sepertinya. Atau bisa jadi udah sepaket juga dengan sand board nya.

Ukuran sand board tergolong besar tapi nggak begitu berat kok

How to get there?

Kalau mau jawaban simple sih tanya mbah Google Maps. Hehe. Kalau kamu dari sekitaran UGM, cari aja jalan Parangtritis ikuti ajaaa terus jalannya, sampai ketemu gerbang retribusi kawasan Parangtritis, masih lurus lagi. Nanti di kanan jalan, kelihatan tuh ada gumuk pasir gitu. Biaya parkirnya Rp 2.000,00 untuk motor. Kalau nggak salah, ditikungan gitu posisinya. Ada petunjuknya kok, jadi pasti ketemu hehe.


Tertarik nggak buat nyoba sand boarding? Trust me, you should try this

Behind the scene foto ini, anginnya kenceng banget.

*Dokumentasi: sand boarding palapsi dan dokumentasi pribadi

3 comments:

  1. Dulu waktu masih bocah banget pernah ke Parangtritis, tapi gak tau kalau ada gumuk pasir ini.. Mungkin dulu belum populer kali yah..

    btw itu mahal juga ya sewa boardnya... pake daun pisang aja bisa gak? :V :V

    Salam kenal
    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo salam kenal!

      Bisa jadi sih, ini baru-baru dikenal akhir 2013 apa ya..
      Mahal kalau buat sendiri, mending bareng-bareng kalau mau nyewa lebih ngirit buat patungan hehe

      Delete
  2. Terakhir kali saya ke Parangtritis kayaknya sudah 15 tahun yang lalu. Wakakakak! Kapan-kapan wajib nyobain sandboarding nih.

    ReplyDelete