Friday, May 27, 2016

Lembongan Island: Mission 2D1N! (Alternatif buat liburan singkat)

Setelah dipostingan sebelumnya yang nyeritain bagaimana takdir yang akhirnya membuat perjalanan saya begitu mulus dan disponsori teman-teman ayah saya, sekarang saya bakalan sharing perjalanan singkat saya di Lembongan. Kenapa harus liburan ke Lembongan? Alasan yang paling mendasar buat saya sih, pas buat ngisi waktu liburan yang cuman sehari atau dua hari doang. Sudah dijamin kepuasannya deh! Pulau Lembongan dan Ceningan ini tergolong kecil, kebanyak lokasi wisata juga berhubungan pantai. Nilai plusnya adalah buat kamu yang males kena macet kalau main ke pantai, Lembongan menjadi pilihan terbaik kamu deh. Di sini ada sih mobil tapi dikit banget, paling mobil secara pick-up yang sudah dimodifikasi gitu buat ngangkut penumpang dari pelabuhan ke lokasi agensi penyebrangannya gitu.

Lalu kapan waktu yang tepat?
Kapan saja bisa sih menurutku, weekend pun sebenarnya nggak begitu jadi masalah. Cuman kalau mau dapat penyebrangan pagi, ada baiknya kamu booking di awal. Soalnya kalau weekend, penyebrangan pagi bakalan full banget sama halnya dengan penyebrangan balik ke Sanur bakalan full di sore hari. Kalau kamu mau pergi seharian, sebenernya udah cukup kok kalau nyebrang ke Lembongannya pagi, terus balik ke Sanur dengan kapal penyebrangan tersore, sekitar jam 16.30.

Kemana aja enaknya nih?
Semakin berkembanganya teknologi, tentunya sangat mudah untuk searching tempat-tempat wisata yang asik untuk dikunjungi. Sehari sebelum ke Lembongan, saya dan sepupu saya sudah sempat kepo-kepo tempat-tempat yang wajib dikunjungin kalau lagi lancong ke Lembongan. Selama satu setengah hari di Lembongan, lumayan banyak tempat yang sempat saya kunjungi.



1. Pantai Scooby Doo

Sejujurnya sih, saya baru tau kalau nama pantainya itu nama tokoh anjing yang ngehits menemani empat kawan yang senang memecahkan kasus ini. Pasirnya putih, airnya biru gitu, terus banyak kapal-kapal yang bersandar gitu. Di pantai ini juga menjadi lokasi buat penyebrangan kembali ke Sanur. Selain itu di sini juga banyak tempat menginap yang cukup eksklusif gitu. Selain itu ada cafe dan bar di atasnya (tebingnya).


2. Devil's Tear
Buat kamu yang pernah main ke Pantai Nusa Dua terus ke Peninsula Island, ini setipe dengan waterblow di sana. Bedanya spotnya lebih banyak. Full tebing isinya tempat ini sih. Tapi yang paling hits itu ada di satu lokasi yang memang pas banget buat fotoan. Nah, berhubung tempatnya agak berbahaya, jangan pernah macem-macem ya. Boleh sih selfie tapi jangan sampai nyawa taruhannya. Jadi, jangan terlalu pinggir tebing juga nyari fotonya, karena tebing di sana udah cukup banyak memakan korban lho ternyata. Kalau dari Pantai Scooby Doo sekitar 10 menitlah nyampe Devil's Tear menggunakan sepeda motor. Nggak begitu sulit buat nyampe lokasi, cukup mengikuti papan plang petunjuk yang terpasang di jalanan.

Ini lokasi yang paling sering buat fotoan di Devil's Tear
Untuk spot lainnya, itu jaraknya nggak begitu jauh, paling semenit doang sih kalau naik motor. Kalau spot dua ini tebingnya lebih luas buat jalannya dibandingkan di spot satu.

Nah ini spot dua buat fotoan

3. Dream Beach
Menurut saya sih, ini pantainya persis kayak saudara kembarnya yang ada di Uluwatu, namanya Pantai Dreamland. Kalau dari Devil's Tear cuman 2-3 menit aja, super deket kok. Di sini ada ayunan yang ngehits juga buat jadi tempat fotoan. Tapi saya sih gak fotoan di sana haha, karena ada anak bule yang anteng banget main di ayunan itu, unyu banget! Matanya biru gitu, terus asalnya dari Perancis.
Ayunannya pas banget di belakang tempat saya berdiri
4. Goa Gala-Gala (Underground House)
Puas melihat pantai, saya diajak berkunjung ke salah satu situs yang ada di Lembongan. Namanya Goa Gala-Gala, menurut sumber nih pembangunan rumah bawah tanah ini terinspirasi dari kisah Mahabharata. Arsitekturnya adalah Mangku Byasa. Ia terinspirasi dari cerita Panca Pandawa yang akan dibunuh oleh Korawa kemudian Widura mengutus pasukannya untuk menggali terowongan bawah tanah agar Panca Pandawa bisa kabur.  Kedalaman Goa Gala-Gala ini sekitar 7 meter.

Ini jalur masuknya


5. Ceningan Cliff Restaurant
Sudah puas jalan-jalan? Kalau masih belum, mending isi perut dulu kan? Nah, setelah lumayan keliling-keliling Lembongan, saya dan keluarga nyebrang ke pulau seberang, Pulau Ceningan, cukup dengan melewati yellow bridge yang menghubungkan Lembongan dan Ceningan. Kira-kira butuh waktu sekitar 10-15 menit rasanya untuk sampai di tempat makan ini. Tempatnya nyaman, kalau mau bandingin viewnya mirip sama pemandangan waktu ngeliat laut dari puncak Pulau Rinca di Labuan Bajo. Di depan Ceningan Cliff ini sebenarnya sudah Nusa Penida lho! Deket banget ternyata. Menunya nggak begitu banyak sebenernya, tapi cukup memuaskan untuk mengisi ulang perut yang udah kelaperan. Kebetulan saya memesan ayam bakarnya. Ueenaaaak banget! Terutama sambelnya, sampai-sampai sambel sepupu juga saya embat haha. Untuk harga sendiri sih, menurut saya masih wajar melihat lokasi dan kualitas makanannya. Standarlah. 


6. Blue Lagoon Beach
Setelah isi ulang perut sudah terlaksana, tentunya lanjut jalan-jalan lagi dong ya! Tempat selanjutnya itu adalah Blue Lagoon Beach yang kira-kira sekitar 10 menit sampai di lokasi. Ada wahana baru nih di pantai ini yaitu Flying Fox. Tapi bukan sembarang flying fox lho! Flying foxnya melewati laut yang ada di bawahnya. Jadi kamu akan melewati laut gitu sebelum sampai tempat tujuan. Wahana ini membentang sekitar 100 meter, terus melewati jurang yanng kedalamannya sekitar 30 meter. Ngebayangin aja pasti serem ya? Tenang-tenang, permainan ini aman kok dan cukup menantang bagi saya. Saya satu-satunya kontestan yang berani nyoba ini. Saya sih mikir "kapan lagi? mumpung main ke sini" Biayanya cukup Rp 50.000 aja sekali nyoba. 


7. Blue Lagoon Cliff
Oke, setelah menantang adrenalin, lanjut lagi ke Blue Lagoon Cliff yang gak jauh dari lokasi Flying Fox tadi. Masuk jalannya itu sempit banget, bukan jalan yang diaspal atau disemen gitu. Dulunya sih tempat ini jadi lokasi buat jumping gitu, tapi sekarang udah nggak lagi. Sempet hits banget lokasi ini buat para adventurer yang demen nguji adrenalinnya. Berhubung udah agak sorean gitu, jadi udah nggak sepanas sebelumnya. 



9. Yellow Bridge 
Ini sudah memasuki hari kedua, awalnya kami sudah berhenti buat foto-foto tapi terlalu rame jadinya males, akhirnya milih buat balik aja di hari itu dan ke sana lagi keesokkan paginya. Masih sepi, cuman ada pasangan pre-wed yang ngambil foto gitu. Jembatan ini hanya bisa dilalui oleh satu sepeda motor saja. Artinya, saling nunggu kalau mau lewat. Panjang jembatannya sekitar 100 meteran kalau nggak salah. Tips dari saya: datanglah di pagi hari! 

saya, ayah, bunda


10. Pantai Lebaoh (Seaweed Farms)
My last destination! Tepat pukul 08.30 pagi kalau nggak salah, kami balik ke villa temen ayah. Sepanjang jalan dari Yellow Bridge sekitar 500 meter kayaknya bakalan ada petani rumput laut gitu. Banyak perahu-perahu kecil yang bersandar. Kalau pas sore kemarin, lagi surut gitu airnya, kalau pas pagi airnya udah pasang lagi. 


Tercapai sudah misi saya untuk menghabiskan liburan saya yang cukup singkat ini ke Lembongan & Ceningan. Sebenernya masih ada tempat wisata lain lagi yang bisa kamu kunjungi. Ada wisata mangrove dan berbagai pantai yang ada di Lembongan. Selain itu kalau mau mengunjungi Pura di sana juga bisa. Berhubung kapal penyebrangan saya jam 10.30, jadinya kami sudah stand by di lokasi agennya jam 10 gitu. Walaupun berangkatnya agak telat dikit. Tentunya kalau yang namanya jalan-jalan biasanya maunya beli pernak-pernik cenderamata di sana kan? Lokasinya di Pantai Scooby-Doo. Harganya sih bervariasi gitu ada kalung, gelang, atau cenderamata dari kerang. 




Berapa biaya yang dihabiskan?
Sebenernya ini tergantung mau fasilitas yang seperti apa. Nah ini hitung-hitungan versi saya.

Nyeberang Sanur-Lembongan PP : Rp 200.000
Makan (estimasi sekali makan)     : Rp 10.000-Rp 50.000
Belanja tak terduga (minuman dingin gitu) Rp 10.000-Rp 20.000
Beli bensin full tank : Rp 25.000 (bisa buat seharian kok, bahkan besoknya juga bisa tapi sisa dikit)
Motor : Rp 50.000-Rp 80.000/hari
Penginapan : Rp 150.000 - Rp 500.000 (sesuai fasilitas, cek di booking.com atau traveloka.com)

Untuk pengeluaran sendiri sebenarnya Rp 550.000 sudah terbilang cukup sebenernya buat 2D1N, cuman ada baiknya membawa uang lebih karena disana jarang banget. Jadi, bawalah uang cash! Biasakan untuk membawa uang lebih sebesar 10% dari perhitungan kamu, jaga-jaga kalau ada hal yang tak terduga. Happy holiday! 

Cheers. 

1 comment:

  1. Dulu pernah tinggal di Bali selama 1.5 thn, tp sayang blum sempat nyebrang ke pulau2 ini.
    Kalo mau ke Lembongan, tiket kapalnya dan rental motornya bisa langsung ato harus booking dulu.

    Trimakasih mbak udh sharing.

    ReplyDelete