Sunday, February 25, 2018

Kupang: Punya Waktu Sehari Saja Bisa Kemana?

Masih inget dulu pertama kali ke Kupang pertengahan tahun 2016, untuk transit sementara sebelum lanjut ke Rote untuk KKN. Terus balik lagi ke Kupang (pastinya) setelah selesai KKN, cuman sempet ngeliat Mall di sana yang kebetulan cukup dekat dari salah satu alumni UGM yang menjemput anak-anak KKN. Satu setengah tahun berlalu (yah makin tua deh), akhirnya bisa mendarat lagi di Bandara Udara El-Tari. Dulu waktu masih nunggu penerbangan ke Rote, jalan kaki keluar bandara terus beli mie ayam sama es serut yang jualan di dekat jalan utama setelah keluar dari bandara (sampai sekarang pun masih ada, duh kangen!). Tengok kanan kiri, nggak ada rumah sama sekali! Cuman ya bandara, terus tiang-tiang lampu gitu. Kalau sekarang, kebetulan sedang musim hujan, jadi nggak begitu gersang dan kali ini sudah ada yang langsung menjemput!


Saya mendarat sekitar pukul 13.00 lebih, langsung menuju NEO Hotel untuk check in. Saya lumayan merekomendasikan hotel ini kalau untuk menginap di Kupang, karena lokasinya sekitar 5 menit doang dari bandara, terus menyediakan free shuttle transfer ke bandara. Setelah selesai membayar, saya langsung cus jalan-jalan. Nah mengingat judul di atas, saya di Kupang kurang dari 24 jam sesungguhnya, hehe. Terus ngapain ke Kupang? Karena kedua orangtua saya belum pernah ke sini. Sederhana ‘kan alasannya? Kebetulan pesawat yang kami naiki juga perlu mendarat di sini, jadi sekalian saja menginap sehari saja. Baiklah dalam waktu 7 jam, saya dapat mengunjungi empat tempat lho. Tentunya sebelumnya saya udah searching terlebih dahulu kemudian mengestimasikan waktu dan tempat main yang pas.

1. Goa Kristal


Berkat hasil searching dari blog orang dan tripadvisor, saya menuliskan destinasi pertama Goa Kristal sebagai bucket-list destination di Kupang. Ternyata memang lokasinya nggak begitu jauh dari kota sih, sekitar 45 menit saja. Jalannya pun bagus dan lancar. Oh iya, tapi petunjuk menuju lokasi nggak ada sama sekali, adanya malah persis ketika sampai di lokasi baru ada petunjuknya. Menuju Goa Kristal ini, bakalan ngelewatin pesisir pantai gitu, terus melewati salah satu pelabuhan utama di Kupang. Begitu sampai, saya nggak ada melihat tanda-tanda ada goa. Malah adanya perumahan yang sedang dibangun. Dari tempat parkir, perlu berjalan kurang dari lima menit, tenang nggak jauh kok ternyata. Begitu sampai, ada petunjuk lagi yang menunjukkan kalau udah sampai di Goa Kristal.

Oh ya, nanti bakalan ditemani pemuda sekitar kok menuju lokasi, bahkan bantuin buat turun ke dalam goa. Gelap banget! Beneran nggak ngeliat apa-apa, jadi perlu ditemani oleh pemuda sekitar yang sudah tau medannya juga. Begitu sampai di bawah, WOW! Double WOW deh! Keren banget! Mungkin baru kali ini ngeliat goa yang airnya bening banget terus warnanya azure dicampur emerald gitu. Waktu ke sana sih ada beberapa bule dan turis domestik yang lagi berenang di sana. Duh asik banget, tapi saya mengurungkan niat untuk berenang karena lagi berhalangan huff. Sayang banget, karena cuaca agak mendung jadi dikit banget cahaya masuk ke dalam goa, kalau nggak ada headlamp yang super dari si abang bule mungkin nggak akan kelihatan jelas, malah remang-remang gitu birunya hehe. Oh iya, ini cukup dalem sih kedalamannya. Rasa airnya ASIN! Interesting right, isn’t it?

Petunjuk masuk, walaupun tulisannya typo he he he

Warnanya cantik banget, apalagi pas disinari headlamp

Warna asli tanpa saya edit-edit #nofilter

Harga masuk: nggak ada sih, cuman silahkan untuk memberikan uang secukupnya untuk guide yang nganterin dan membantu waktu masuk ke goa.

Fasilitas : ada ruang ganti saja, mirip kayak kamar mandi darurat gitu terbuat dari kayu-kayu.

TIPS:
  •  The best time untuk mengunjungi tempat ini adalah jam 11 siang, dengan catatan cuaca cerah sih jadi cahaya bisa maksimal masuk ke goa. Kalau baca-baca catatan lain katanya prefer ke sini jam 9 sampe jam 2 siang gitu.
  • Jangan lupa bawa headlamp! Ini super penting banget! Lumayan bantu-bantu untuk pencahayaan buat fotoan di dalem. Kalau bisa sih pake baterai yang baru biar cahayanya terang.  


2. Air Terjun Oenesu

Setelah selesai mengagumi kecantikan air yang ada di Goa Kristal, lanjut deh ke Air Terjun Oenesu yang ternyata nggak begitu jauh juga dari Goa Kristal. Mungkin sekitar 30 menit kurang sih sampai di sana. Perjalanan mulai menanjak ke arah bukit gitu, sampai ada satu tempat yang lumayan asik buat ngeliatin pantai dari jauh gitu. Sempat foto-foto juga sih, karena rumputnya ijo banget. Lanjut lagi, and as usual nggak ada petunjuk di jalan untuk menuju Air Terjun Oenesu, bahkan supirnya sampe nggak ngeh kalau salah belok. Apalagi kalau aku nyetir sendiri? Tenang ternyata Google Maps bisa memberikan solusi guys *thumbs up*. Dari jalan utama, terus ke jalan menuju lokasi jalannya mmhh kurang oke dan bikin goyang kanan kiri di dalam mobil hehe. Jadi, hati-hati ya kalau bawa kendaraan sendiri. Lagi-lagi karena musim hujan, jadinya debit air meningkat, terus warnanya cenderung coklat karena agak kotor jadinya (posisi air terjunnya bukan yang paling atas soalnya). Menurut saya pribadi, kalau musim kemarau pasti oke banget nih air terjun, bentuknya berundak-undak gitu. Mirip kayak tipe-tipe air terjun di Kulon Progo gitu.

Air Terjun Oenesu

Harga masuk: Rp 4.000/orang
Fasilitas : parkir yang luas banget, ada sih toilet tapi sudah nggak terawat dan nggak ada airnya.

TIPS:

  • Ke sini pas musim kemarau aja, lebih aman untuk mandi terus warnanya lebih bagus juga karena cenderung toscha gitu.

3. Pantai Tedis

Pantai ini sih direkomendasikan untuk ngeliat sunset, sayangnya waktu itu mendung pake banget! Jadinya cuman ngelewatin doang sih hehe. Anginnya juga lagi kenceng-kencengnya. Padahal menurut hasil berselancar di internet, pantai ini lumayan menjadi spot favorit untuk menikmati sunset.


4. Pasar Malam Kampung Solor

Setelah seharian jalan-jalan tentunya, perut sudah saatnya untuk diisi asupan makanan yang tentunya enak nih. Pilihannya jatuh di pasar malam Kampung Solor! Lokasinya nggak jauh dari Pantai Tedis. Mungkin kalau kamu dari Pantai Tedis, masih okelah kalau jalan kaki ke sini. Sekitar pukul 17.30 sampai di sana, sudah disambut dengan jejeran ikan-ikan yang segeeer banget! Kami memilih untuk menyantap satu ikan (duh maap nggak begitu tau nama-nama ikan, yang jelas ikannya lumayan gede), cumi-cumi, plus udang. Total harganya beserta nasi, sayur dan minum untuk tiga orang habis Rp 210.000. Kalau jujur sih itu sebenernya lebih pas untuk porsi 4-5 orang, tapi karena kelaparan yaudah disikat habis juga sih.

Suasana Pasar Malam Kampung Solor

Hasil tangakapannya seger-seger

TIPS:

  • Jangan lupa nawarlah! Wajib hukumnya kayaknya nih haha.
  • Jangan kaget sama ukuran ikan dan harganya yang lumayan terjangkau dan pastinya suegeeerrr banget! Eh yang ini bukan tips ya? Hehe


Demikianlah jalan-jalan saya selama kurang lebih 20 jam di Kupang, karena penerbangan saya selanjutnya ke Tambolaka, Sumba pukul 10 pagi. Kupang termasuk kota yang sudah maju kok, sudah ada mall, ada cinemaxx, ada hypermart. Jadi, kalau perlu hiburan pun bisa langsung ke kota aja. Terus ngabisin berapa kak selama di sana? Nah ini rinciannya:

NEO Hotel (Superior Room)  : Rp 390.000 (termasuk breakfast untuk 2 orang)
Mobil, bbm, sopir                   : Rp 400.000
Makan malam                         : Rp 210.000 (bertiga)
Goa Kristal                              : Rp 20.000 (untuk guide)
Air Terjun Oenesu                   : Rp 12.000 (bertiga)


Semoga membantu untuk kamu yang mau ke Kupang! Have a nice day!
Cheers,


Novi Arfirsta

2 comments:

  1. Hihi,, tempat favoritku semua di Kupang.. Ada banyak yang terlewat tuh.
    - Goa monyet dan savana deket goa monyet,, lokasinya sebelum goa kristal
    - Pelabuhan Bolok, asik tuh buat snorkeling, banyak terumbu karang tsantiiik
    - Pantai lasiana,, beda arah sih sama arah pelabuhan
    - Pantai tablolong, dari goa kristal masih luruuuus terus..
    Sementara itu dulu tambahannya ahaha..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa nih, karena waktunya gak banyak jadinya masih banyak yg kelewatan. Padahal Pantai Lasiana udah jadi salah satu list, semoga ada waktu buat main ke sana deh hehe

      Delete