Wednesday, May 25, 2016

Lembongan Island: Sahabat Lama Bertemu Kembali

Akhirnya salah satu impian saya terwujud juga, ada WiFi di kosan haha. Sederhana banget ya? Saya sih orang paling mager kalau udah urusan masang WiFi makanya kagak pernah kesampaian mimpi sederhana ini. Untunglah tetangga kosan saya nan baik menyiapkan segalanya dan saya hanya tinggal bayar dan menikmati saja *sujud syukur*. Oke berkat WiFi yang sudekat ini, saya bakalan bagi-bagi cerita perjalanan singkat saya waktu mudik alias pulang kampung ke Bali.

Setelah tragedi di Singapura yang meremukan hati saya itu terlalui, hasrat saya untuk mudik sangat tinggi. Mungkin demandnya mencapai 1000% haha. Namun sayang, keinginan saya untuk pulang ke Bali gagal sebnayak dua kali di Bulan April. Huft. Akhirnya, Tuhan memberikan pencerahan bagi hamba-hambanya yang sudah kangen rumah dengan kehadiran liburan panjang di awal Bulan Mei. Cihuy! Saya pun menjadi salah satu yang memanfaatkan dengan baik moment yang tepat ini udah merefreshing kembali pikiran dan jiwa saya dengan jalan-jalan.

Orang bilang sih, kalau main ke Bali itu semuanya ada. Bali itu tempat pas buat menghilangkan penat. Bali itu emang pas dijuluki Pulau Surga. Setelah status saya berubah menjadi perantau, yang artinya menjadi Bang Toyib sementara karena jarang pulang ke rumah di Bali, saya begitu menyadari nyamannya berlibur di Bali. Baru kali ini saya merasa benar-benar menjadi turis di kampung halaman sendiri haha. Kebetulan semester ini jalan-jalan dalam negerinya belum dimulai, saya memutuskan untuk memulainya dengan liburan di Pulau Lembongan dan Ceningan, Klungkung.

Selama 21 tahun hidup di Bali, saya belum pernah ke Nusa Penida, Lembongan, Ceningan, atau Menjangan. Yah, kebetulan saya sih tinggalnya di Nusa Dua. Maka dari itu, target saya saat pulang ke Bali adalah berlibur kedua pulau yang masuk adminitratif Kabupaten Klungkung tersebut. Sebelum pulang, udah request dulu sama ayah, apa aja yang bakalan saya lakuin selama di Bali. Mulai dari ketemu temen-temen, main ke SMA, berlibur, hingga melukat (pembersihan diri).

Saya pun memilih untuk menggunakan jatah bolos kuliah saya untuk berlibur. Bukan apa-apa, tujuan berlibur juga untuk kesehatan pribadi juga kan. Dikarenakan saya cukup jenuh saat itu dengan beberapa tugas dan tanggungan, saya memilih dengan escape sejenak dengan cuci mata di Bali. Saya pulang ke Bali hari Selasa malam. Kebetulan ayah dapat libur di hari Sabtu, so moment yang pas banget buat liburan singkat di Pulau Lembongan dan Ceningan.

Jam 6 pagi, saya, Febri (sepupu), bunda, dan ayah saya sudah nangkring cantik bak turis lokal di Pantai Sanur untuk memesan tiket penyebrangan. Berhubung hari itu Sabtu, cukup banyak turis lokal dan asing yang udah lalu lalang aja bawa koper atau tas backpack mereka untuk menyebrang juga ke Lembongan. Untungnya kami mendapatkan tiket untuk seat 4 orang dengan harga masing-masing Rp 100.000. Kebetulan ayah belinya langsung buat bolak-balik Rp 200.000/orang. Menurutku sih terbilang normal dengan fasilitas yang diberikan. Sembari menunggu, mari sarapan! Buat kamu-kamu yang lagi main ke Bali jangan sampai melewatkan nasi jinggo ya! Mumpung lagi ada di Bali, saya pun sarapan dengan nasi jinggo. Nyam nyam nyam. Harga nasi jinggo itu bervariasi tergantung isi dan ukurannya. Kebetulan yang saya beli di pantai, harganya Rp 8.000. Lumayan bikin kenyanglah.

tempat buat nunggu kapal penyebrangan

biar berasa jadi model sekali-sekali
Jam 10 pagi, kami siap menyebrang ke Lembongan. Waktu itu ombaknya lumayan sih, mau naik ke kapalnya aja celana tetep basah, padahal udah pake celana pendek. Dikarena kapal kami itu yang paling pagi, alhasil orangnya banyak banget, bahkan seatnya habis. Untungnya saya dan sepupu saya dapat tempat duduk dibawah, sedangkan ayah dan bunda saya dapat tempat di atas (lantai dua). Anginnya semilir gitu, jadi adem, asik banget buat tidur, nggak nyampe 15 menit, kayaknya saya dah tertidur lelap deh haha. Bangun-bangun dah nyampe di Lembongan aja.

Berhubung liburan saya kali ini super minim persiapan, karena saya ngerasa kalau liburan di Bali mah go on aja. Ayah sih udah beberapa kali main ke Lembongan, yang terakhir sepedaan bareng temen-temennya. Ayah mencoba menghubungi temannya, tetapi ternyata lagi nggak di Lembongan. Duh! Gimana nih? Tersisalah kami berempat di pinggir pantai. Kemudian, ada bapak-bapak yang usianya mungkin nggak jauh beda sama ayah saya. Ramah banget orangnya, nanyain mau kemana, dan sebagainya. Kami pun bercerita kalau mau liburan sehari aja niatnya, terus lagi butuh motor sewaan.

Saya percaya yang namanya takdir itu bukan suatu kebetulan semata. Tak disangka, si Bapak Baik itu ternyata saudaraan sama sahabat ayah yang sudah lama nggak kontak-kontak lagi karena no hapenya ganti. Menurut penuturan ayah sih mereka terakhir main bareng ke Lembongan, ke rumah sahabatnya, tahun 90'an gitu. Nah, dia ini juga sahabat ayah main ke sana-sini gitu juga. Sejujurnya saya terharu sih ngeliat mereka. Mereka berdua nggak pernah nyangka bakalan ketemu. Akhirnya keberuntungan mulai menghampiri kita.

Awalnya kami diajak berkunjung ke toko yang dimiliki sahabat ayah saya ini, sebut saja "om A". Mereka berdua ngobrol banyaaaaaak banget. Saya sih dengerin, terus main-main ke pantai sekali-sekali buat fotoan waktu itu jam 11.30. Kebayang dong panasnya macam apa. Om A pun menawarkan diri untuk menjadi guide kami selama di Lembongan, asik! Hari pertama kami mengunjungi beberapa tempat hits di Lembongan dan Ceningan. Menariknya lagi, ternyata temen-temen ayah cukup banyak di Lembongan. Jadi udah macam reuni kecil-kecilan gitu. Ketemu sama temennya yang lain lagi sebut saja "om B" yang berprofesi sebagai guru di sana. Kemudian, ayah disarankan untuk menginap saja, dibandingkan langsung pulang sore itu. Ayah pun menanyakan pendapatku. "Gimana mau nginep nggak? Katanya sih disuruh nginep di Villa temen ayah yang baru jadi gitu." Tanpa pikir panjang, saya langsung aja bilang iya hehe. Lumayan kan. Sorenya setelah keliling sana-sini, sampailah di Villa temen ayah. Om C ini baik banget! Anaknya juga unyu-unyu gitu masih kelas 1 SD sama TK kalau nggak salah. Konsep villanya itu sih kayak beberapa kamar tapi terpisah gitu, ukurannya lumayan gede, terus ada kolam renangnya juga. Pemandangannya aduhai banget! Pas buat lihat sunset atau sunrise lho!

Ngopi asik ditemenin sunrise
Sepupu saya yang nggak ada hentinya minta difotoin haha

Tiket penyebrangan kami hari itu pun di-reschedule menjadi keesokkan harinya. Liburan kali ini benar-benar disponsori teman-teman lama ayah yang akhirnya bertemu kembali. Thank you, om!

Pesan :
Saya percaya bahwa semua yang kita alami itu bukan sekedar kebetulan, apalagi pertemuan, itu memang sudah dipersiapkan semua sama yang Maha Kuasa sih. Terkadang liburan mendadak itu banyak hal yang tak terduga bisa terjadi. Bisa jadi baik atau buruk lho. Jadi persiapkan dirimu untuk menerima segala kemungkinan yang ada. Untungnya untuk liburan ke Lembongan ini sih super beruntung! Sejujurnya, saya cuman bantu patungan buat beli tiket penyebrangan aja. Selebihnya yah dari temen-temen ayah hehe.