Friday, November 25, 2016

Watu Lawang: Short Escape to Imogiri

Aktivitas favorit di pagi hari yang asik tapi orang keseringan mager buat ngelakuinnya adalah melihat sunrise. Bener gak? Haha. Yogyakarta memang menyuguhkan banyak tempat terbaiknya untuk menyaksikan keindahan sunrise. Baik menyaksikannya dari atas bukit atau gunung, atau mungkin dari pantai. Kali ini saya mencoba menikmati pagi hari saya di salah satu tempat di Imogiri. Watu Lawang, itu pertama kali saya baca ketika saya yang sebenarnya ingin mengantar Bunda untuk menyaksikan sunrise di Kebun Buah Mangunan.

Sebenarnya sih, Watu Lawang ini memang bukan tujuan saya saat itu. Cuman mengingat menuju Kebun Buah Mangunan masih agak jauh, begitu melihat penunjuk arah "Wisata Watu Lawang" saya langsung mengarahkan motor saya berbelok ke kanan. Apalagi saat ini Kebun Buah Mangunan tergolong ramai oleh para penikmat sunrise ditambah lagi disuguhi kabut cantik diantara bukit-bukit. Saya pun mengikuti petunjuk arah yang diberikan. Ternyata dari jalan utama nggak begitu jauh. Cukup membayar parkir sebesar Rp 3.000,- saya dan Bunda menikmati pagi di Watu Lawang.

Eh, nyatanya hanya kita berdua yang ada di tempat tersebut. Wah, asik! Berasa pemilik *eh. Otomatis kamis sangat puas untuk berfoto-foto dan bersantai di sana. Pemandangan yang tawarkan nggak kalah bagusnya dengan di Kebun Buah Mangunan. Walaupun kami agak-kesiangan-sedikit (sekitar jam 06.15 sampai), pemandangan kabut masih menyapa.

Baru 4 Bulan
Ternyata wisata ini baru saja dibuka sekitar empat bulan lalu (sejak tulisan ini dibuat). Jadinya masih banyak yang perlu dikembangkan. Terlihat beberapa spot masih dalam tahap pengerjaan. Menurut saya sepertinya ini kedepannya bakalan jadi spot para penikmat sunrise. Sesampainya di lokasi parkir, kamu cukup ikuti saja tangga yang menurun. Mungkin sekitar 100 anak tangga hingga sampai di titik satu dimana terdapat beberapa ayunan dan juga warung-warung. Oia, di sini juga menyediakan penyewaan Hammock lho! So, kamu beneran bisa bersantai sambil tidur-tiduran. Selanjutnya kamu bisa turun lagi ngikutin tangga, mungkin cuman 30-an tangga untuk mencapai spot untuk berfoto. Kamu akan melihat tangga terbuat dari bambu dan diujung akan ada batu. Kamu akan disuguhkan pemandangan bukit-bukit dan Sungai Oyo. For your information, beberapa tangga di Watu Lawang terbuat dari kayu lho. Jadi ingat berhati-hati ya.

Sunrise dan Sunset
Melihat lokasinya yang cukup strategis untuk menikmati matahari terbit maupun terbenam, karena kebetulan spotnya menghadap ke selatan. Jadi, kedua view itu bisa kamu nikmati. Kalau pas sunrise kabut dari sisi kiri bisa kamu lihat, dari sisi kanan kabutnya lebih tipis tapi cukup membuat kamu merasa di atas awan gitu.

Fasilitas
Bicara soal fasilitas, seperti yang sempet saya singgung, di sana menyediakan sewa Hammock terus ada ayunan juga. Selain itu, untuk kamu pengguna mobil parkir di loket masuk pembayaran karcis. Kalau kamu mager untuk jalan menurun sekitar 100-200 meter, ada jasa ojek seharga Rp 5.000-, untuk mengantarmu turun. Toilet juga ada di tempat parkir motor dan di titik satu yang ada ayunannya. Tempat sampah banyak banget tersedia di sana. So, nggak ada alasan buat kamu yang main ke sana sambil jajan-jajan buang sampah sembarang. Keep the enviroment clean, guys! Terus ada bale gitu untuk beristirahat.

Tempatnya dimana sih?
Cukup mudah untuk menemukan lokasi wisata ini. Jika kamu berangkat dari arah UGM, carilah jalan menuju Jalan Imogiri Timur, boleh melalui Terminal Giwangan perempatan tinggal lurus saja, atau Ring Road Utara lalu belok ke ke kanan menuju arah Janti. Sampai perempatan Ring Road Timur dan Terminal Giwangan belok ke kanan.
Ikuti saja terus jalannya, sampai di Pasar Imogiri, kamu akan menemui jalan pertigaan, tetaplah lurus mengikuti petunjuk Kebun Buah Mangunan. Ikuti terus petunjuk yang mengarahkan ke Hutan Pinus atau Kebun Buah Mangunan nanti kamu akan berbelok ke kanan. Setelah kamu mulai menanjak terus kamu akan melihat petunjuk Hutan Pinus 3 km lagi, nah setelah itu akan ada petunjuk 'Wisata Watu Lawang' 1 km lagi. Setelah melihat petunjuk itu beloklah ke kanan dan ikuti petunjuknya. Sampai deh di Watu Lawang. Selamat menikmati sunrise or sunset.

1. Nice but my opinion is that it Should be in English too for people like me thanks

1. Hello, thanks for visiting. Thank you for suggestion, i'll try to write in english.