Wednesday, November 30, 2016

Belitung: Keindahan Belitung Utara

Setelah postingan sebelumnya main ke beberapa tempat yang ada di berbagai lokasi di Belitung, sekarang saya akan membahas pantai-pantai cantik di daerah Belitung Utara. Kalau dari pusat kota, mungkin sekitar 45 menit hingga 1 jam mencapai pantai. Rasanya ngelihat pantai di sini, udah kayak candu, pengen dilihat terus-menerus. Pasirnya putih, bersih, ditambah lagi puluhan bebatuan yang berukuran dari kecil hingga besar menghiasi. Selain itu, wisata alam unggulan di belitung rata-rata berada di Belitung Utara ini, seperti Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, dan lain-lain. So, kamu harus coba buat sailing trip ke Pulau Lengkuas dan beberapa pulau kecil lainnya.

1. Pantai Tanjung Kelayang
Pantai ini menjadi salah satu starting point untuk memulai sailing trip melihat beberapa pulau-pulau. Seperti pada umumnya, karakteristik pantai di Belitung yang dihiasi hamparan batuan granit yang unik. Entah kenapa saya menjadi senang melakukan sailing trip, semenjak pertama kali sailing trip di Labuan Bajo awal tahun 2015 lalu. Airnya bening, saya bisa melihat dasar dan bentukan karang yang ada di dasar. Biaya sewa perahu sekitar Rp 400.000,- kebetulan saya sudah termasuk alat snorkel, kapasitas juga bisa sampai 10 orang. Nah dari sini udah terlihat salah satu icon dari tempat wisata ini. Apalagi kalau bukan tumpukan batu secara alami yang menyerupai kepala burung, yakni Batu Kelayang yang menjadi maskot dari Sail Wakatobi - Belitung 2011 lalu. 

Batu Kelayang




Seperti pulau bikini bottom ya, tempat tinggalnya spongebob, patrick, dkk

  

2. Pulau Lengkuas
Ini menjadi objek yang kudu wajib dikunjungi kalau ke Belitung, katanya sih "Kalau nggak ke Pulau Lengkuas, belum ke Belitung namanya." Mungkin sama halnya seperti ke Pulau Bali, tapi nggak ke Pantai Kuta. Untuk mencapai pulau ini, perlu menyebrang menggunakan perahu yang dapat disewa di sekitaran kawasan Pantai Tanjung Kelayang. Perjalanan menuju Pulau Lengkuas akan melewati beberapa icon dari Pulau Belitung. Hamparan batuan granit mempercantik pemandangan. Kebetulan saat itu agak mendung, jadi langitnya kurang yahud. Membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit untuk mencapai Pulau Lengkuas dari Pantai Tanjung Kelayang. 

Pulau Lengkuas dan icon mercusuar
Daya tarik utama dari pulau ini adalah keberadan mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintahan Kolonial Belanda pada tahun 1882 silam. Sampai saat ini, masih digunakan sebagai penuntun lalu lintas kapal yang keluar masuk wilayah Belitung. Tinggi mercusuar ini sekitar 70 meter, yah untuk sampai ke puncaknya lumayanlah, buat membentuk otot betis di kaki hehe. Ada 18 lantai yang harus kamu daki untuk menikmati puncak dari mercusuar ini. 




Pemandangan dari puncak mercusuar
Selain mercusuar, tentunya daya tarik keindahan pantainya juga tidak bisa diduakan. Tempat ini asik buat kamu yang senang snorkeling, harus dicoba! Berbagai sisinya menyuguhkan pemandangan yang berbeda-beda pula lho!  







3. Pantai Tanjung Tinggi
Setelah puas muter-muter di sekitaran Pulau Lengkuas dan beberapa spot lainnya yang akhirnya hanya dilalui saja. Langsung lanjut ke Pantai Tanjung Tinggi. Nah, ini pantai paling dikenal di Pulau Belitung, karena menjadi lokasi syuting Laskar Pelangi. Pasirnya super putih, bersih, dan disediakan pula beberapa fasilitas untuk menikmati wahana air di pantai. Banyak spot yang bisa kamu pilih untuk lokasi berenang, berfoto, snorkeling, atau berjemur. 








Itu beberapa lokasi yang sempat saya kunjungi di perjalanan 3D2N di Belitung. Masih banyak tempat wisata yang menarik yang bisa kamu kunjungi juga. Oh iya untuk mencapai lokasi ini, nggak sulit kok, sudah ada banyak penunjuknya. 



1 comment: