Monday, May 28, 2018

5 Alasan Mengunjungi Gunung Ireng

Kebetulan lagi kangen sama Yogyakarta, saya mau berbagi alasan tempat untuk ngeliat sunrise di tempat ini. Seingat saya, saya ke sini dengan ‘mendadak’ tanpa rencana, tiba-tiba bilang ‘kuy besok sunrise!’ Beberapa hari sebelum wisuda bulan November hehe. Sepanjang tahun, kayak ini bangun terpagi dan pergi terpagi saya sama temen-temen. Kita janjian untuk otw sekitar jam 4 pagi, katanya sih biar bener-bener ngeliat sunrise. Malang nggak dapet ditolak, kami malah disambut rintikan hujan pagi-pagi waktu menuju lokasi hadeh. Walaupun begitu, tempat ini tetap juara untuk dikunjungi. Kalau kamu lagi liburan di Yogya, atau merantau ke Yogya, saya merekomendasikan kamu setidaknya sekali lah untuk menikmati sunrise di sini, di Gunung Ireng.

Oke, namanya emang Gunung Ireng, tapi nggak setinggi gunung kok, ini cuman gunung purba gitu. Namun, lokasinya agak tinggi, dan pas banget buat menikmati suasan pagi yang damai, nyaman, nan syahdu. Ini lima alasan kamu harus mengunjungi Gunung Ireng!


1. Nggak jauh dari kota
Alasan pertama kenapa harus ke Gunung Ireng, karena tempatnya yang nggak jauh dari kota, dibandingkan spot sunrise lainnya. Jaraknya kira-kira 26 km dari UGM. Kalau lancar paling sejam sampai lokasi kok. Terus nyarinya juga gampang sih lokasinya. Setelah melewati bukit bintang, masih nanjak aja terus, sampai nanti ketemu deh pertigaan besar gitu, ada arah menuju Pathuk, belok deh ke kanan. Ada pos polisi dan alfamart di jalan itu. Ikuti saja terus jalannya, masih satu jalan juga ke arah Puncak Becici. Kalau ke Puncak Becici nanti ada belok kanan, kalau ini lurus aja deh pokoknya. Kalau bingung ketik di google maps, ia akan menuntunmu ke arah yang benar hehe.

Pemandangan dari atas Gunung Ireng

2. Murah dan mudah dicapai
Oke keunggulan lainnya adalah bayar parkir motor yang cuman Rp 2.000, terus biaya masuknya Rp 3.000 deh. Jalannya pun mulus kok, cuman waktu masuk ke parkirannya di aspal seadanya gitu sih. Walaupun untuk parkir motornya nggak begitu luas, dan yang ada peneduhnya juga dikit. Begitu sampai nanti aka nada informasi mengenai Gunung Ireng. Ini kelebihan yang saya suka juga, nanjaknya nggak nyampe 5 menit kok untuk mencapai spot menikmati sunrise. Serius. Tangganya nggak begitu banyak. Jadi bisa nyantai banget dah pokoknya.

Spot 1

3. Bisa buat kemping!
Buat kamu yang nyari lokasi buat kemping sekaligus buat nyantai-nyantai, Gunung Ireng bisa jadi pilihan kamu. Tetapi nggak begitu luas sih. Jadi di sini ada pondokan terbuka gitu, yang biasanya dipakai untuk kemping orang-orang. Sebenarnya ada juga rumah kecil yang ada di sini, tapi kurang tau sih bisa buat nginep juga atau enggak. Waktu saya ke sana sih, ada yang kemping, terus nyeruput kopi anget. Asik banget. Mana habis hujan pula. Yahud bet dah.

Rumah yang ada di Gunung Ireng

4. Pemandangannya apik!
Begitu kamu sampai di atas, kamu bakalan ngeliat hamparan sawah di bawahnya, terus kumpulan kabut yang masih malu-malu gitu deh nutupin bukit-bukit yang ada di sekitaran Gunung Ireng. Spot untuk ngeliat pemandangannya mah banyak banget. Bahkan ada satu spot nyediain kursi dan meja kayak buat menikmati keromantisan sambil ngeteh gitu. Kamu juga bisa ngeliat beberapa asap dari dapur yang ada di rumah sekitaran sana yang nggak begitu banyak. Jalanan yang meliuk gitu. Pokoknya healing banget!

Meja dan kursi buat nyantai berdua

Spot 2 yang ada di sebelah barat

5. Sunrise!
Baiklah, sesungguhnya waktu ke sana, agak mendung karena habis hujan. Jadi dari arah timurnya masih banyak kumpulan awan gitu, tapi tetep aja pemandangannya bagus banget. Saya sih pernah liat postingan temen saya di Instagram, dan emang sunrisenya oke banget di sini. Apalagi kalau duduk santai di kursi yang tadi saya bilang, apalagi sama doi. Waduh, rasanya perfect gitu deh. Mau foto dimana pun hasilnya oke dah pokoknya. Ditambah lagi kalau bawa fotografer yang handal kan? Hehe.

Sempat cerah sebelum akhirnya diguyur hujan lagi

Kabut menghampiri deh

Nah itu tadi lima alasan kenapa sih harus ngunjungi Gunung Ireng. Beneran deh pasti nggak nyesel kalau ke sini, pas mendung ke sini aja saya nggak nyesel, apalagi kalau cerah kan? Tapi inget ya, jaga kebersihan tempat yang kamu kunjungi! Selamat berlibur!


Cheers!

2 comments:

  1. Wah itu lumayan kok dapet foto kece di deket pondok dengan background sisa-sisa sunrise dan kabut yang bersembunyi di balik pepohonan, telat dikit gk dapet ya momen itu? :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  2. bener banget, habisnya itu langsung hujan. untung aja masih sempet foto-foto hehe

    ReplyDelete