Sunday, February 14, 2016

Jalan-Jalan menggunakan JR Pass di Jepang

Kalau udah yang namanya travelling biaya paling banyak merogoh kocek (duit) pasti akomodasi dan transportasi. Berwisata ke Jepang memang paling nyaman buat solo traveler, backpacker, ataupun bersama keluarga. Kenapa? Semuanya serba praktis dan mudah banget! Asalkan: paham dan tahu penggunaannya. Pemerintah Jepang telah menyediakan berbagai cara mudah dan murah untuk pelancong ke Jepang agar merasa nyaman berlibur. Ini tips yang mungkin bisa jadi referensi kamu pas jalan-jalan ke negeri sakura ini:




1.       Pengen Keliling Jepang yang Murah, Cepat, Nyaman!
Mungkin gak sih jalan-jalan keliling jepang tapi cukup bayar sekitar 3 jutaan aja buat transport selama 7 hari? BISA BANGET LO! Kenapa? Jadi buat kamu yang mungkin mendarat di Osaka terus pengen keliling ampe Akita sekitar 14 hari gimana? Nah JR PASS menjadi pilihan terbaik buat kamu-kamu semua dah. Pass ini berlaku di seluruh JR line di Jepang termasuk shinkansennya lo! Bayangkan kamu bisa keliling-keliling dari selatan jepang ampe utara jepang. Apalagi naik shinkansen nyaman banget dan tergolong lebih cepat sampai walaupun menempuh jarak jauh sekali pun. Lumayan untuk menghemat waktu perjalanan juga lo! 
tabel harga JR Pass
JR Pass

untuk info lebih lengkap lagi: JR Pass Web atau pemesanan di Jakarta cek di sini

2.       Maunya cuman keliling daerah Tokyo dan Sekitarnya aja ah :’)
Tenang mungkin buat kamu yang belum ada waktu selama itu dan duit sebanyak itu buat keliling jepang, masih ada alteratif lain nih yang bisa jadi pilihan kamu buat keliling. Buat kamu yang pengen jalan-jalan ke Gunung Fuji, Tokyo, Gunma, kamu bisa pilih untuk menggunakan JR Kanto Pass! Apa itu? JR Kanto Pass ini mempermudah kamu buat keliling-keling di wilayah Kanto (sekitaran Tokyo). Harganya cukup sesuai dengan kantong sih yakni 8.300 yen aja. Benefitnya apa? Kamu udah bisa nikmatin perjalanan menggunakan shinkansen lo ke Gunung Fuji, atau mungkin yang mau main di daerah Gunma juga tersedia! Asik kan? Aslinya kalau beli shinkansennya terpisah harganya bisa buat sekali perjalanan aja lo. Benefitnya lagi adalah penggunaannya gak cuman sehari doang lo, validnya nyampe 3 hari. Asik kan? Udah bisa main-main ke daerah lain dalam waktu 3 hari unlimited! (asal cukup waktunya hehe). JR Kanto Pass ini dapat digunakan di jalur JR line daerah Tokyo, dan beberapa tempat yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Ternyata sejak 19 November 2015 kemarin, JR Kanto Pass berubah nama menjadi JR Tokyo Wide Pass seharga 10.000 yen dengan cakupan lokasi yang lebih luas dibadingkan JR Kanto Pass sebelumnya. Validnya juga sama untuk 3 hari. 
Info lebih lengkap: JR Tokyo Wide Pass
cakupan JR Tokyo Wide Pass

Syaratnya apa biar bisa beli?
Gampang banget! Tunjukin aja paspor kamu, terus pilih paket yang kamu pengenin. Nah, tentunya kamu udah itung-itungan sebelumnya biar Pass nya bisa dipake semaksimal mungkin, apalagi kalau backpackeran. Pengeluaran seminimal mungkin, dengan kepuasan untuk berlibur tetap maksimal (teori ekonom banget wkwk). Pilih Pass yang paling pas dengan destinasi yang kamu pengenin. Tenang nanti petugasnya akan melayani dari berbagai bahasa kok, yang paling aman pake bahasa inggris aja. Oh ya, bayarnya pake mata uang jepang yak, pake yen.

Dimana belinya kak?
Gak susah kok buat belinya. Kalau kamu mau beli JR PASS, kamu bisa pesan jauh-jauh hari lo, bahkan pesen waktu masih di rumah juga bisa. Jadi waktu sampai jepang tinggal ambil aja. Tapi untuk tipe JR Pass yang lain, kayak di JR Pass milik masing-masing regional harus beli di Jepangnya langsung.
Pertama, kamu bisa beli di bandara:
Kedua, kamu bisa beli di Kantor JR Line langsung yang ada di station-station utama.



No comments:

Post a Comment