Wednesday, June 28, 2017

Bali Selatan: Surganya Secret Beach

Setelah cukup lama nggak posting, karena beberapa kesibukan dan juga kemageran yang telah saya alami, akhirnya saya kembali memposting tentang pantai-pantai yahud. Applause dulu hahaa. Sebagai orang yang lahir dan besar di Bali, tentunya pantai sudah menjadi bagian dalam hidup saya. Apalagi kampung asli Ayah saya ada di dekat pantai, kampung asli Ibu saya lebih dekat lagi dengan pantai, tinggal keluar rumah aja udah kelihatan. Saya pun sejak kecil sudah dibesarkan di daerah Bali Selatan, yang jauh dari kedua kampung orangtua saya sendiri.

Semenjak tinggal di Yogya untuk kuliah, tiap pulang pasti menyempatkan untuk main ke pantai-pantai baru yang ada di Bali Selatan. Padahal pantainya sih udah ada dari sejak lama, cuma karena akses menuju lokasi sudah dipermudah, membuat pantai tersebut baru-baru boomingnya. Kalau diingat-ingat lagi, dalam tiga tahun terakhir, perkembangan akses menuju pantai-pantai tersembunyi di Bali Selatan semakin mudah aksesnya. Contohnya saja Pantai Pandawa, yang kini menjadi pantai yang ‘kudu-wajib-dikunjungi’ kalau ke Nusa Dua (daerah Bali Selatan). Oh iya, karakteristik pantai di Bali Selatan itu sebagian besar harus melewati bukit kapur dan tebing-tebing tinggi. Maka, jangan heran kalau mau main ke pantai-pantai rahasia alias secret beach di sini perlu usaha.



Kali ini saya mau bagi-bagi informasi mengenai beberapa Secret Beach yang menurut saya sih sangat rekomen untuk kamu datengi kalau lagi main ke Bali. Apalagi pengennya yang nggak terlalu jauh dari Kuta atau Denpasar tapi tetap eksotis dan ‘instagramable’ kalau pengen diposting hehe.

1. Pantai Green Bowl
Pantai ini cukup mudah untuk dicapai, cukup ikutin petunjuk yang ada di jalan. Kalau mau lebih mudah lagi, tinggal ketik aja nama destinasinya di Google Maps. Langsung deh nongol. Sedikit intermezzo kenapa nih pantai namanya Green Bowl, menurut penduduk sekitar sih , saat air laut surut, pantai ini tampak seperti cekungan berbentuk mangkuk yang berwarn hijau dari karang-karang yang ada di sekitarnya. Ditambah lagi pemandangan hijau yang suguhi menuju pantai. Menurut saya dari semua pantai yang saya tulis, ini yang paling perlu usaha lebih. Kenapa? Karena kamu harus menurunin ratusan anak tangga untuk mencapai pantai. Saya sih nggak begitu masalah turunnya, nah naiknya itu sih hahaa. So, jangan lupa bawa minum yeu. Memasuki kawasan pantai ini kamu perlu membayar retribusi. Per orang cukup membayar Rp 5.000,00.




How to get there?
Kalau kamu dari arah Tol Bali Mandara, keluar tol ambillah jalan ke kiri. Setelah itu lurus hingga menemui perempatan besar di sebelah kana nada SPBU, beloklah ke kanan naik. Setelah itu kamu akan menemui perempatan lagi ada Pepito di kiri jalan, beloklah ke kanan yang jalannya menanjak. Ikuti saja terus jalan itu, sampai nanti di kiri jalan ada petunjuk menuju Pantai Pandawa. Ikuti terus sampai nanti ada lingkaran di tengah, kalau lurus ke Pantai Pandawa, beloklah ke kanan. Selanjutnya ikutin aja deh petunjuknya menuju Pantai Green Bowl.
Jalur lain kalau kamu dari Jimbaran, langsung aja menuju GWK, sampai GWK lurus lagi, sampai nanti ketemu perempatan di kanan jalan ada nirmala, ambil ke kiri. Ikuti jalur sampai ada petunjuk ke Pantai Pandawa di kanan jalan. Nah, jalurnya sama sampai ketemu lingkaran di tengah, belok ke kiri.
Tenang semua jalan sudah beraspal kok, nggak kayak dulu waktu saya pertama-tama mengunjungi secret beach di Bali Selatan yang jalannya masih kapur semua.



Fasilitas
Tersedia areal parkir, toilet, terus untuk bilas badan kalau mandi dan berenang, dan warung-warung. Menurut saya sih sudah cukup lengkap. Oh iya, seinget saya di sini juga ada pura. Tempat ini juga cukup hits untuk para surfer lho. Pantai ini cocok untuk kamu yang mau bersantai, terus nggak kepanasan (karena ada goanya untuk berteduh). Kalau mau lihat sunset sih bisa, tapi nggak maksimal. Ombaknya sih tenang kalau yang deket pantai, biasanya kalau yang buat surfing perlu agak jalan ke tengah lagi. Ukuran pantainya juga nggak terlalu luas, biasanya ramenya kalau sudah mau jam 4-5 sore sih. Menurut saya sih, tingkat keramaiannya masih terbilang normal. Tenang kamu nggak akan kesulitan dan nungguin orang-orang buat fotoan.


Sunset di Pantai Green Bowl

2. Pantai Gunung Payung
The real secret beach! Bagi saya sejauh ini, pantai ini benar-benar seperti secret beach, ya sepi, ya pantai masih bersih, air lautnya bening, fotoan di sini memang sangat instagramable. Pantai ini mulai dikenal sejak 2014 kalau nggak salah. Di sini terdapat satu pura yang cukup besar yang bernama Pura Gunung Payung. Mau cara mudah ke sini? Tinggal ketik aja di Google Maps, langsung nemu kok. Saat melihat dari atas (bukit) pantainya kelihatan super bening banget! Oh iya, mau mencapai pantai ini juga perlu usaha, tapi tidak seberat ke Pantai Green Bowl hehe. Kamu juga harus menuruni tangga, tapi tidak sebanyak di Pantai Green Bowl. Pasirnya putih banget. Terus pemandangan orang yang lagi paragliding. Memasuki kawasan ini kamu cukup membayar Rp 4.000 perorang, biaya motor Rp 2.000, sedangkan mobil Rp 5.000.


Spot awal untuk menuju pantai nih




How to get there?
Sebenernya lokasi semua pantai yang saya tulis sih satu jalur semua di daerah Kutuh, Kuta Selatan. Kalau sampai jalur menuju Pantai Pandawa kemudian lingkaran di tengah yang sudah saya sampaikan di atas, kamu belok ke kiri kalau mau ke Pantai Gunung Payung. Ikuti terus jalannya, sampai di kanan jalan ada petunjuk menuju Pura Gunung Payung atau Pantai Gunung Payung di kanan jalan.


Entah ini pohon apa, tapi kayak pohon sakura hehe

Fasilitas
Wah, ini yang menurut saya paling lengkap sih. Ada lapangam golf nya lho, bahkan lumayan luas dan keren. Namanya Bukit Pandawa Golf and Country Club. Buat kamu yang sudah menantang adrenalin, kamu bisa nyobain paragliding di sini. Saya saja baru nyampe pengen banget nyoba, tapi belum ada uangnya hehe. Di areal parkirnya terdapat beberapa warung, ada toilet juga. Nah, di sini juga ada tempat pertunjukan terbuka, tapi saya kurang tau apakah sudah beroperasi atau belum. Di sini juga ada beberapa villa buat kamu yang mau bermalam dan menikmati ketenangan di kawasan Bali Selatan. Berbeda dengan pantai tengganya, pantai ini bukan untuk kawasan surfing sepertinya, karena saya sih nggak nemu bule-bule bawa papan selancar.


Paragliding di Pantai Gunung Payung

3. Pantai Balangan
Saya masih ingat pertama kali saya mengunjungi pantai ini tahun 2012 dan jalannya masih berkapur, benar-benar-benar perlu usaha buat mencapai pantai ini. Perlu jalan ngelewatin bukit dulu lah, perlu jalan agak jauh sih seinget saya. Bahkan dulu aja mau parkir aja bingung banget hahaha. Lima tahun berlalu, saya mengunjungi Pantai Balangan (lagi) untuk menikmati sunset. Jauh berbeda banget, sekarang sampai ke sana udah beraspal. Ada parkirannya (hehe). Nah pantai ini sangat hits sebagai lokasi untuk foto pre-wedding. Waktu saya ke sana aja, ada tiga pasangan yang lagi photoshoot pre-wedding. Kalau yang ini usahanya lebih kecil lagi disbanding menuju Pantai Gunung Payung hehe. Tangganya bisa dihitunglah, mungkin cuma puluhan kok. Kalau lihat dari bukit, pantainya langsung kelihatan jelas banget. Pantai ini sangat rekomen buat kamu setelah lelah berkeliling terus pengen lihat sunset.




How to get there?
Kalau dari GWK, lurus aja sampai ketemu perempatan yang kanan ada took Nirmala, belok dah ke kanan. Udah ikutin aja dah tuh jalan beserta petunjuk yang ada, nanti jalannya mentok gitu sih. Kalau mau lebih gampang lagi, ketik di Google Maps hehe. Tenang sinyalnya masih nyampe kok, nggak kayak waktu saya pertama kali ke sana.


Fasilitas
As I mention before, fasilitas yang paling hits di sini ya buat foto pre-wedding, terus ada tempat penginapan juga, warung, tempat penyewaan motor, terus lahan parkir, toilet. Kalau di pantainya ada kursi-kursi pantai buat bersantai plus payungnya. Tapi kayaknya yang ini bayar sih hehe. Buat kamu yang sendiri ke sini kudu sabar-sabar ya, banyak pasangan di sini dari yang muda sampai dah berumur hehe. Maybe, karena tempatnya romantis sih. Dibandingkan dua pantai sebelumnya, pantai ini yang paling luas. Tenang, nggak seramai pantai Nusa Dua kok. Masih terbilang jarang orang juga sih, walaupun pantai ini sudah dikenal lebih lama disbanding dua pantai sebelumnya yang saya bahas.  




Sunset di Pantai Balangan
Semoga bermanfaat ya informasinya! Happy holiday!
Cheers!

2 comments:

  1. Take me there dooong :D ..

    Pantai di Bali bagian selatan emang gak ada matinya,, cantik2 bgt..

    Salam
    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf ya baru sempet reply, harus banget main ke pantai2 itu kalau ke bali hehe

      Delete