Sunday, December 28, 2014

OSAKA: Kofukuji Temple di Nara (Day 1)

Perjalanan dari Osaka ke Nara ini transit dulu di Osaka-Namba Station. Berdasarkan itinerary yang udah dibuat, kita bakalan ke Nara dulu habis itu bakalan muter-muter di Namba. Biar kagak rempong bawa carrier masing-masing akhirnya kita nitip tas di locker. Station di Osaka-Namba itu gede dan makin turun ke bawah kalau nggak salah sampe 4 lantai. Harga lockernya 700 yen dan muat buat naruh 2 tas carrier kapasitas 55L dan satu tas 35L. Setelah naruh tas dan hanya bawa barang yang diperluin aja, langsung deh cao ke Nara!!



(map of Namba Station)

(Osaka-Namba Station)


(ini lockernya)




Oke seperti yang terlihat di foto sebelumnya, kalau kemungkinan sangat kecil kita bakalan nyasar di station karena informasinya lengkap dan sangat jelas. Kita juga bakalan mudah banget buat nemuin information center ataupun katalog-katalog tempat menarik di sekitar station.
FYI, kalau di Osaka agak beda sama di Tokyo. Kalau di Osaka jalur cepat itu sebelah kiri dan jalur lambat sebelah kanan. Berbeda dengan Tokyo yang kebalikannya. Jadi, jangan sekali-kali berdiri di sebelah kiri waktu pake eskalator kalau lagi lemot. 

(mesin beli tiket kereta)

Cara mudah buat pergi pake kereta di Jepang adalah ketahuilah mau naik Line apa dulu dan kemana. Contohnya kayak mau ke Nara ini, tempat yang mau dikunjungi pertama namanya Kofukuji Temple, paling dekat dengan Kintetsu Nara, itu berarti kita pakai Kintetsu Line ke sananya. Tiap rel untuk line yang berbeda. Nah, di mesin ticket itu lengkap banget datanya, sekarang semakin dipermudah dengan adanya pilihan "English" waktu mau beli. Harganya juga sudah tertera sesuai dengan tempat yang kamu inginkan. Yang lebih mempermudah lagi, kalau kamu belum tau nih berhenti dimana atau belum pasti, mending beli tiket paling murah (biasanya jaraknya yang paling dekat), setelah tau mau kemana, lanjut aja terus sampai berhenti di station yang kamu pengenin. Nanti ada namanya mesin Fare Adjusment, cukup masukin ticket, setelah itu bakalan muncul kita harus bayar lagi berapa gitu. Simple kan?


(Yatta! Sampai di Nara!)

Hari itu rada mendung sih di Nara, dan belum punya payung, berharap jangan hujan dulu ding. Tempatnya bersih banget, nggak begitu ramai, banyak tamannya, anginnya lumayan kenceng bro. Maklum waktu itu emang lagi musim angin kencang dan hujan sebenernya di Jepang. Jalan untuk pejalan kaki luaaaaaaas banget! Nggak kayak di Indonesia yang cuman seciprit dan disebrot kaki lima lah, parkirlah, apa pun itu. 

(kan jalan raya aja sepi)

(ada rusaaaa)

(luas kan buat pejalan kaki)

Lumayanlah jalan dari Station ke Kofukuji Temple, lebih dari 1 km sih. Tapi nggak bakalan berasa karena nggak panas, terus tamannya luas, ada rusa, jadi nikmatin aja. Akhirnya sampai di Kofukuji, nemuin banyaaaak adik-adik unyuuuu. Adik-adik SD yang kayaklah lagi study tour gitu deh, tapi topi warna kuning-kuning gitu. Baru berasa Jepang banget dah haha. Nggak perlu bayar buat nikmati Kofukuji ini alias gratis. 

Namanya juga jalan-jalan pasti tergoda sama yang namanya beli barang yang ada di sana. Di depan Kofukuji Temple ini ada toko oleh-oleh gitu. Ada replika binatang yang lucu gitu, gantungan kunci, makanan, kipas, handuk, dan lain-lain. Berhubung nama tempatnya lupa, dan ternyata di struk tulisannya pake kanji jadi langsung ajalah ke sana haha. Harganya bervariasi mulai dari 170 - 1000 yen, mungkin ada yang lebih dari 1000 yen juga deh. Setelah menimbang-nimbang akhirnya beli gantungan kunci kucing harganya 170 yen. Kasirnya ramah banget, penuh senyum. Jadi, kalau di sana belanja bener-bener dicek gitu, "Harganya 170 yen ya" (hasil translate) Waktu ngasi uang dia bilang uang harganya "Uangnya 520 yen ya, jadi kembaliannya 350 yen. Terima kasih" (hasil translate juga). Oh ya, fyi aja sih di sana kalau mau bayar uangnya ditaruh di atas nampan kecil gitu mungkin seukuran dompet memanjang gitulah.



(unyuuu-unyuuuuu kan?)

(Ini kuil Kofukuji)

(Ini tulisan isi harapan gitu)

(Airnya ini seger bangetlah!)

(gambar animenya bagus banget)

Hampir di setiap kuil di Jepang menyediakan tempat untuk menggantungkan harapannya gitu. Isi tulisannya macem-macem bahkan ada yang ngasi gambar. Gambarnya oke-oke banget pula. Walaupun nggak ngerti semua tulisannya apaan, gue cuman bisa doain semoga terkabul deh. Kalau pengen nulis, bayar 300 yen kalau nggak salah. Di kuil ini gue lempar uang koin, terus berdoa semoga besok jauh lebih cerah deh dari hari ini. Setelah puas lanjut lagi nyari makan karena udah laper banget haha. 

Ternyata di sisi belakang Kofukuji lebih banyak lagi ada outlet-outlet souvenir gitu. Harganya beneran sama semua dari toko satu dengan toko lainnya. Semakin tergoda deh pokoknya, karena barangnya lucu-lucu gitu ;")

(salah satu tempat jual souvenir)

(nggak tau nama jalannya apaan)

(ini replika makanan yang dibuat seasli-aslinya)

(ini 5 menit sebelum hujan menghadang)

(akhirnya berteduh, sambil telfonan sama mama)

Hujannya mulai turun dari jam 4.30 sore di sana, lumayan sih sekitar sejam apa yaa baru reda. Tempat kita berteduh ini disediakan untuk pelancong mahasiswa luar negeri gitu yang butuh informasi apa pun. Saking bingungnya makan apaan, akhirnya belanjanya di Circle K deket sana. Beli bento yang diangetin (398 yen), coklat 'DARTS' yang rasa vanilla (98 yen), sama spidol warna merah (karena baru inget nggak bawa pulpen sama sekali) (119 yen), semuanya 615 yen. Kalau di jepang besar taxnya itu 8%. Hujan sempet reda bentar, jadi memutuskan untuk nyari tempat buat makan dulu habis itu langsung balik ke Namba. 


(akhirnya liat pocky dengan berbagai jenis varian)

Akhirnya kita bertiga beli payung yang sama tapi warnanya beda-beda. Niatnya beli payung bening, tapi bakalan ribet bawa pulangnya, jadi kita beli yang praktis. Harganya 500 yen + tax 40 yen. Warnanya biru muda, dan sangaaaat packable. Akhirnya kita makan di dekat station, ada tempat duduknya di sana sama pancuran gitu deh. Setelah itu langsung balik ke Namba. 


No comments:

Post a Comment