Tuesday, July 2, 2013

Pecinta Buku?

Ngomong-ngomong yang namanya baca, mungkin bagi gue sendiri baca itu udah kayak kebutuhan pokok. Jadi "kudu" wajib yang namanya baca. Mau baca novel kek, baca komik, baca buku yang ada kaitannya sama jepanglah (terutama Arashi), tapi paling anti yang namanya baca buku pelajaran dengan tulisan kecil dan beratnya hampir mencapai sekilo.

Akibat kebiasaan membaca ini, dulu gue sering 'maling' buku bokap gue sendiri. Dan itu sejak gue SD. Gue awalnya gue suka baca komiklah pastinya dan komik pertama yang gue punya itu komik Detective Conan Vol. 37. Itu tahun 2003, gue inget banget tuh belinya di deket rumah sakit waktu nyokap di opname. Nah, setelah itu lama-lama gue perhatiin bukunya bokap ternyata banyak juga yang isinya tentang mistis gitu. Nah, mulailah gue bertolak ke buku yang 'mistis' itu. 


Saking sayangnya sama Si Buku ini, gue sampe nggak tega yang namanya buang buku. Bagi gue itu 100% haram, kecuali buku tulis yang udah habis karena kepake. Seusainya gue tamat SMA baru gue sadar seberapa cintanya gue sama yang namanya Buku ini :') Miris bangeeeeeeet. Setelah ditelaah lebih jauh lagi, ternyata 79% isinya kumpulan kertas dan teman-temannya (baca: buku). Lebih parahnya lagi, buku yang gue simpan itu bukan buku yang baru dua atau tiga tahun yang lalu, melainkan ada yang ampe 12 tahun yang lalu. Buku pelajaran kelas 1 SD masih gue simpen ternyata. Kalo inget-inget lagi gue waktu kecil udah punya pemikiran ke depan kayak gini, "Gue harus nyimpen buku pelajaran Bahasa Bali, gue harus isiin ini LKS ampe belakang. Jadi, nanti pas gue punya anak, dianya nanya Bahasa Bali, gue tinggal kasih deh buku jaman dodol gue dulu,"

Di rumah (bahkan di temen-temen gue) terkenal banget gue itu perhitungan sama yang namanya duit. tapi, kalo udah namanya ke toko buku, gue tergolong 'lebih rela' untuk menghamburkan uang yang tentunya dengan perhitungan yang tepat. Nah, dulu waktu gue SD ada salah satu temen sekelas gue yang naksir sama gue, sebut saya namanya Si Baik. Entah kenapa tuh anak bisa 'suka' sama gue, padahal kalo kalian tau gue SD kayak gimana, paaraaaaaah. Udah metamorfosis kale jadi cowok, cuman bedanya gue punya rambut panjang dan pake rok ke sekolah. Yah, bisa dibilang gue itu 'preman' waktu jaman SD.

Pada suatu hari, Si Baik ini ngajakin gue jalan-jalan ke salah satu mal yang tergolong baru di Kuta dan lumayan besar. Yah, gue mah mau-mau namanya juga diajakin 'kan? Apalagi gratis, hehe. Akhirnya, gue ngajak temen gue yang lagi satu sebut saja Matahari. Matahari itu temen cewek gue yang berhasil gue gaet untuk ikutan pergi bareng Si Baik. Sekitar jam 2 siang, kakeknya Si Baik jemput kita di sekolah, langsung deh cus ke tempat itu yang  cuman 10 menit kurang pake mobil ke sana. 

Sampainya di sana, entah apa yang diperbincangkan Si Baik dan Kakeknya bla bla blaaa, tiba-tiba dia dikasi uang gitu aja segepok. Gue langsung bengong. Bayangkan, waktu itu gue kelas 6 SD dan Si Baik dikasi uang   melebihin setangah juta. Waktu itu aja gue dikasi uang jajan sama nyokap cuman 3 ribu. Setelah itu, kita langsung meluncur ke amazon (nama game center). Setelah sekian lama main dengan mengumpulkan tiket ampe 3000 lebih! Dan mengeluarkan uang yang juga nggak sedikit (yaiyalah), Si Baik ngajakin gue dan Matahari ke Gramedia. Gue paling seneng kalo udah diajak ke toko buku (entah kenapa). 

"Yaaa, pilih dah buku yang kamu suka," kata Si Baik.
"Ehhh? Seriuuuuss?" tanya gue lagi. Dia cuman ngangguk doang. 

Daaaaaan, gue udah kayak orang kalap nggak pernah dikasi makan beberapa hari gitu (perumpaan yang cukup lebay). Dengan gesip gue asal ambil aja, ambil ini, itu. Buku pelajaran ini, itu (berhubung udah kelas 6 SD), nggak ketinggalan buku komik ini, itu. Saking sadisnya gue, bukan komik biasa aja yang gue beli kayak Detective Conan yang berseri itu, tapi yang sejenis Nakayoshi, Cherry gitu yang gue angkut juga. Setelah kalap ngambil buku ini dan itu, tiba-tiba gue tersadar. GUE ITU TEGA BANGET. 

Setelah dipikir-pikir, segini cintanya gue ama buku apalagi dibayarin pula jadi lupa buat kontrol deh. Akhirnya, gue dengan berat hati menimbang-nimbang buku yang menurut gue paling penting (karena bagi gue semua itu penting). Tapi tetep aja gue sadis, karena buku yang gue pilih itu harga tergolong lumayanlah. 

Selain itu di kamar gue itu ada aja buku yang terpampang rapi, apik, TAPI kagak pernah dibaca. Gue nyimpen bukunya itu karena covernya yang bagus. Salah satunya ada buku yang judulnya isi "Kite" gitu deh pokoknya. Alasan gue nggak baca ya simple aja karena itu novel berbahasa inggris. Niatnya sih pengen nerjemahin, tapi boro-boro mau nerjemahin, mau megang aja jaraaaaaang banget. Alhasil itu menjadi pajangan di kamar (novel itu tergolong novel maling dari rak bokap).

Nggak terhitung deh berapa banyak buku yang udah berdebu kek, di dalam kardus kek, di jepit di belakang lemari, bahkan nyelip di bawah tempat tidur. Walaupun begitu, pepatah bilang "Buku itu Jendela Dunia" bagi gue itu bener bangeeet, tapi bagi gue sendiri :

"BUKU ITU SUMBER MENEMUKAN IDE, HAYALAN, DAN HOBI BARU"

No comments:

Post a Comment