Wednesday, April 10, 2019

Jalan-Jalan ke Vietnam: Perlu Tau Apa Aja Sih?

Melanjutkan cicilan untuk mengunjungi kawasan ASEAN sudah menjadi bucketlist tahun lalu (saking parahnya nih prokrastinasi buat update blog). Setelah sebelumya sudah dua kali mengunjungi Singapura dan Malaysia. Tahun ini akhirnya nambah lagi negara ASEAN yang sudah saya jejaki! Jujur untuk persiapan ke negara ini terbilang sama ekstranya ketika pertama kali saya ke Jepang tahun 2014 lalu. Gimana sih makanan Vietnam? Jujur ya sebelum saya menginjakan kaki di Hanoi, saya belum pernah sekali pun makan masakan Vietnam.



Thanks to New Journey to The West Season 4 yang digarap oleh Na PD yang membuat saya setelah nonton tuh variety show jadi ngebet banget ke Vietnam, plus ngiler banget lihat makanan yang mereka makan. Berkat informasi yang sangat berguna dari program itu, saya jadi ada bayangan rentang harga jajanan dan makanan di sana. Saya sangat merekomendasikan kamu buat nonton itu variety show kalau lagi stress, butuh hiburan, butuh refreshing otak buat ketawa sampe pipimu sakit hehe. Oke skip.

MATA UANG

Berhubung nih rupiah nilai tukarnya ternyata lebih tinggi kalau ke dong (mata uang Vietnam), jadinya makanannya pun berasa lebih murah. Walaupun ya nggak semualah ya, kadang ya tetep aja sama aja gitu dengan harga di Indonesia kalau diitung-itung. Pertama kalinya juga nih nuker duit dapetnya berjuta-juta langsung. Berasa #RichCrazyAsian lebay deng hehe. Intinya tuh pertama kalinya ngerasain punya duit banyak waktu nuker duit, biasanya mah paling banter 10 lembar gitu kan ya misalnya kalau ke mata uang yen atau dollar. Bahkan ini pertama kalinya saya liat pecahan duit 500.000. Btw, kamu harus waspada karena rentang pecahan uang dong itu banyak banget, terus warnanya mirip-mirip, ditambah lagi nih ya wajah tokohnya yang di mata uangnya itu sama semua. So, banyak tuh yang salah ngasi duit waktu bayar dan nggak dicek gitu. Jadi, perhatikan baik-baik sebelum membayar ya!
Tips: sejauh ini sih nuker di bandara ratenya cukup terpercaya.

BAHASA

Satu hal yang saya persiapan ketika saya ke Vietnam adalah mengenal bahasanya yang ternyata sukses bikin sakit kepala. Pertama kalinya saya travelling merasa di dunia antahberantah yang jauh gitu. Jujur ya, ini salah satu bahasa yang tersulit yang ada. Jadi tien viet (istilah bahasa Vietnam) itu memiliki 7 nada, kemudian cara ngomongnya juga tergantung gender dan usia. Bahkan salah satu teman yang saya temui di Hanoi pun bilang kalau bahasa mereka itu susah banget. Terus yang bikin saya sakit kepala juga adalah mereka memang menggunakan alphabet dalam penulisan namun ada nadanya. Mirip dengan pinyin kalau di China. Cuman ternyata apa yang saya lihat itu cara bacanya tergantung nadanya, jadi belum tentu vokalnya O bakalan dibaca O. Selama di Vietnam saya merasa bahkan huruf alphabet pun gak guna, nggak membantu sama sekali, bagi saya pribadi ya mending ngeliatin banyak huruf China ketimbang dikasi bacaan tien viet. Kalau ngeliat huruf China ya wajarlah nggak paham, karena beda banget kan, coba huruf Vietnam, kadang saya mencoba keras untuk membaca tapi ya itu menguras energi otak yang berakhir pada rasa lapar hahha.
Saya pun mendownload beberapa aplikasi belajar bahasa Vietnam yang mungkin nantinya membantu saya selama di sana. Berdasarkan hasil searching sana-sini, di sana belum banyak menggunakan bahasa Inggris. Daaaan… eing ing eng, bener banget! Bahkan di bandara aja ya setelah keluar imigrasi, tulisan dalam bahasa inggris itu minim banget. Keluar bandara? Weh apa lagi mah. Jadi ya gitu nyocokin tulisan yang ada aja. Untungnya enam kata yang paling berguna di sana dapat saya kuasai dengan baik dan pengucapannya tepat yang berakhir pada orang lokal mengira saya warlok (warga lokal).

Apa aja kata yang bergunalah di sana (untuk pengucapan yang benar silahkan dengerin di google translate):
1.       Halo -> Xin Cao
2.       Tidak -> Khong
3.       Terima Kasih -> Cam on
4.       Mie beras -> Pho
5.       Daging Ayam -> tit ga
6.       Daging Babi -> tit lon

Sekedar info special buat kamu nih ya, jangan kaget kalau kamu ditempel mulu sama penjual di jalan atau bahkan tiba-tiba ngasi jajanan mereka gitu aja. Intinya kalau nggak pengen beli langsung tolak aja dan bilang “Khong” ini bener-bener berkhasiat! Kalau jaman sekarang bilangnya mantul gitu. Walaupun kamu kudu bilangnya berkali-kali, nggak masalah kok, mereka juga bakalan paham.

LATIHAN BARGAINING

Mungkin ini mah udah kemampuan wajib yang dimiliki oleh sebagaian besar mahkluk travellerlah ya. Mirip-mirip kayak di Indonesia, mereka tuh ngasi harga ke turis itu nggak masuk akal banget banget, muahaaal banget! Jadi, persiapkan dirimu untuk latihan nawar harga. Ini sih dapet dari orang lokal kalau mau belanja (pada umumnya sih barang) jangan lupa untuk menawar setelah harganya langsung! Iya langsung! Kayak lagu Afgan – Sadis. Kalau kamu keukeuh nih ya, pasti penjualnya bakalan setuju. Kalau tetep sengit gitu, yaudah naikin harganya dikit misalnya 5000-10.000 dong gitu. Ya, mungkin kamu udah ada bayanganlah harga barang yang kamu beli lumrahnya harganya berapaan.

TRANSPORTASI

TAKSI & GRAB
Ini juga menjadi hal yang krusial yang perlu kamu ketahui kalau mau berlibur ke Vietnam. Berdasarkan informasi yang berhasil saya himpun sebelum keberangkatan emang ada beberapa ‘warning’ ketika menggunakan taksi kemana-mana di Hanoi. Banyak banget scam alias penipuan gitu dah. Saya pun merasakannya, sekali waktu di Hanoi. Yang berujung pada ceramah dan complaint habis-habisan ke sopirnya. Awalnya karena panik sih, pesenan grab nggak ada yang ngambil, tapi perlu ke stasiun Hanoi secepatnya. Alhasil ya ada taksi lewat asal naik ajalah. Begonya padahal udah dikasi tau sama beberapa orang kalau pilih taksi yang mulai argonya di 10.000 dong, selain itu pasti scam! Apes emang karena panik, grab kagak ada yang ngambil. Untungnya saya paham banget jarak dari hostel ke stasiun yang nggak lebih dari 3 kilometer. Jadi, udah ada bayangan dong bayarnya berapa, ditambah lagi sebelumnya udah cek harga kalau ngegrab berapaan.

Ketika sampai ternyata saya dan keluarga (kita berempat) kudu bayar 400.000 dong! Anjirr langsung ngumpat dalam hati dong ya. Mana tu sopir kagak bisa bahasa inggris sama sekali! Ini pertama kalinya sih aku complain segininya banget ke sopir gara-gara bayarnya super gak masuk akal. Ya kali bayarnya Rp 200.000an gitu. Mana nggak lebih dari 10 menit pula. Padahal gue udah nyiapin duit 50.000 dong dan itu udah lebih lho dari estimasi. Akhirnya ngomong tuh kalau jaraknya deket, nggak mungkin bayar segitu. Masa harga taksi lebih mahal daripada harga tiket kereta Hanoi-Sapa yang menempuh waktu 8 jam perjalanan. Gila emang. Jadi waspadalah! Untungnya saya menang dengan membayar 60.000 dong aja. Karena alasan saya adalah nggak bawa duit sebanyak itu. Adanya 60.000 dong doang. Saya udah nyuruh yang lain keluar duluan, dan berhasil saya kasi tatapan maut dan saya ngasi duitnya gitu aja dan pergi tanpa bilang makasi sedikit pun.

Tips untuk kamu nih ya kalau memang harus naik taksi di Hanoi, naiklah taksidengan anma Mylinh yang kayak gini. Pastikan argonya mulai dari 10.000 dong ya! Sebenernya grab juga ada sih di Hanoi, tapi jujur saya sih belum pernah nyoba. Btw jangan kaget juga kalau banyak grabbike yang langsung nawarin gitu aja di jalan tanpa aplikasi, mbuh gimana sistem pembayarannya.

BUS

Ini paling favorit banget! Vietnam mulai berbenah untuk transportasi, khususnya sih yang udah saya rasain di Hanoi. Harganya murah terus nyaman sih. Sejauh ini nyoba ya. Jalur yang sudah pernah saya coba Bandara Noi Bai – Danau Hoam Kiem dan Stasiun Hanoi – Bandara Noi Bai. Harganya cuman 35.000 dong dan emang sih jarak tempuhnya agak jauh, mungkin sekitar satu jam. Kalau jalan-jalan di kota ya, waktu itu sih pokoknya sekitaran Danau Hoam Kiem doang karena cuman sehari itu aja dan malemnya lanjut naik kereta ke Sapa.

Salah satu bus di Sa Pa, Vietnam

KERETA

Buat kamu yang berminat jalan-jalan keluar kota nih, seperti saya yang memilih harus ke Sapa, jalan terbaik adalah memesan tiket kereta. Keretanya nyaman, bersih, dan harganya affordable menurut saya. Mending milih jadwal malem biar nyampe Sapa pagi-pagi gitu deh, lumayan menghemat biaya hotel kan? Jenis kelas yang saya pilih adalah soft sleeper, yang dalam satu kamar ada empat tempat tidur bunk bed gitu. Bayarnya per tempat tidur bukan per kamar. Belinya bisa online, bisa juga langsung di Stasiun Hanoi. Saya sih belinya online aja, soalnya biar bisa bebas milih kamar, terus nggak ribet sama bahasanya, jadi udah ngurus semuanya sebelum berangkat. Yang mau pesen online bisa pesen di 12go.asia. Harganya nggak beda jauh sih, paling tambahan biaya transaksi gitu. Nanti kamu juga bisa milih mau tipe kereta yang mana, jam berapa, mau garbong mana, intinya udah lengkap, kayak mesen tiket kereta pada umumnya.



MOTOR

Pilihan lain kalau pengen berkeliling-keliling bisa nyewa motor. Saya nyewa motor selama di Sapa, harganya 100.000 dong/hari. Belum termasuk bensin. Bensinnya sih menurutku agak mahal sih dibanding di Indonesia, harganya 20.000 dong, atau sekitar Rp 10.000 an yang kualitasnya mungkin sama kayak premium (kalau liat dari warna sih). Rentang harga sewanya kalau nggak salah mulai dari 80.000 sampai 120.000 dong rasanya. Itu harga pada umumnya, yang paling murah itu motor bebeklah intinya. Kalau motor matic mulai dari 100.000 dong. Btw ini juga bisa ditawar, tapi minta diskon gitu 10.000 – 20.000 dong kalau bakalan nyewa lebih dari sehari. Lumayan kan?


KARTU SIM

Mungkin ini menjadi hal yang wajib juga di era sekarang. Susah banget kalau travelling tapi nggak ada internet kan? Kartu SIM dapat dibeli di bandara, harganya 200.000 dong. Mahal! Emang! Tapi tenang itu kuotanya banyak kok, kalau nggak salah 8 GB udah termasuk 3G/4G all time! Waktu itu sih beli sat uterus ditethering gitu hehe. Karena hampir semua hotel atau penginapan dan tempat makan nyediain free-wifi.

GOOGLE MAPS & GOOGLE TRANSLATE

Omg, ini sangat amat berguna selama saya di Vietnam. Ini pertama kalinya saya begitu sangat tergantung sama kedua aplikasi ini. Terutama sih google translate yang menggunakan voice. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya kalau bahasa Vietnam itu punya 7 nada yang bahkan belum tentu ada pilihannya di keyboard ketika ngetik, kecuali menginstall keyboard tien viet. Itu pun kadang artinya agak kacau dikit, mending translatenya via voice aja lebih ampuh guys! Tidak ada lagi halangan diantara aku dan dia ketika berkomunikasi walaupun perlu pihak ketiga yaitu google translate hehe.

MAKANAN

Ngomong-ngomong soal makanan, lidah orang Indonesia cukup cocok dengan masakan Vietnam sih. Sebagian besar masakan pasti ada hidangan terbuat dari beras, misalnya mie. Sebagai salah satu negara penghasil beras terbanyak, wajar apa-apa serba beras. Oh iya, di beberapa tempat nasi itu gratis dan dikasinya kadang nggak nanggung-nanggung kayak se-baskom gitu ngasinya. Jadi pastikan nanya dulu ya nasinya bayar atau enggak. Lumayan kan kalau gratis hehe, bahkan ada yang boleh nambah! Biasanya porsinya juga menengah hingga besar gitu. Jadi kami sih jarang tiap orang satu masakan, biasanya sharing karena ukurannya yang diatas standar. Untuk daging memang didominasi dengan babi dan sapi sih. Ayam juga ada kok. Jadi pastikan nanya dulu itu daging apa ya. Kalau saya sih langsung lahap aja hehe. Rekomendasi saya yang harus dicoba: Bun Cha dan Pho!

Makanan vietnam


TRIPADVISOR

Sebelum berangkat, tentunya saya sudah melist tempat makan dan makanan apa aja yang mau saya coba. Kali ini berkat tripadvisor, saya dapat banyak banget rekomendasi, terus dapat memilih tempat yang tepat. Selain itu, bisa ngebayangin juga rentang harganya berapaan. Kalau saya nih, lihat dari rating restorannya, terus lihat review, khususnya yang ngasi nilai poor, biar tau apa penyebabnya. Kadang saya juga ngefilter kayak rentang harga dan bisa bayar pakai kartu atau enggak. Saya sangat rekomendasikan aplikasi ini kalau bingung nyari tempat makan. Oia, ini nggak cuman buat nyari tempat makan aja, tapi bisa juga buat nyari hotel, paket tur, destinasi wisata, flight, terus baca forum-forum traveller.


Mungkin itu yang perlu dipersiapkan dan perlu diketahui mengenai Vietnam, sebenernya sih lebih tepatnya Hanoi dan Sapa. Selain itu, tergantung dari kamu maunya kemana dan budgetnya berapa. Apa yang telah saya bahas diatas biar ada bayangan aja seperti apa travelling ke Vietnam. Sekarang pemerintah Vietnam memang sedang menggalakkan potensi pariwisata yang dimiliki Vietnam, tidak hanya Hanoi, Sapa dan Ho Chi Min City. Kalau ada kesempatan kembali ke Vietnam mah, mau banget, tapi fokus mau wisata kuliner! Beneran deh! Jatuh cinta ama makanan di sana. Semoga bermanfaat infonya ya!

No comments:

Post a Comment