Tuesday, April 19, 2016

Gimana udah banyak tidurnya sekarang?

Mungkin judul diatas ini agak menggambarkan kondisi gue saat ini haha. Oke gue mengakui kalau dua semester terakhir ini, termasuk selo sih menurut gue. Ada waktu buat leha-lehanya lumayan banyak dibandingkan sebelum-sebelumnya. Bisa dibilang semenjak mengakhiri hubungan dengan rutinitas wajib di palapsi, gue merasakan menjadi mahasiswa selo. Bahkan bisa dibilang waktu buat belajarnya banyak banget haha. Kadang bertanya-tanya sendiri sih “Gimana nyesel nggak kamu seselo ini? Ngerasa kebuang percuma nggak waktunya?”  Sebagai manusia yang menganut positivisme, semua dilihat sisi positifnya.
  • Waktu belajar

Ini meningkat 300% waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas. Dulu kan selasa sampai weekend jadwal selalu full dengan kegiatan ini dan itu, semenjak memasuki semester 5 mulai terasa banyak waktu buat ngerjain tugas kapan aja. Jujur aja sih, lumayan ningkat juga hasil belajarnya hehe. Belajar yang dimaksud di sini nggak cuman pelajaran kuliah aja, tapi buat belajar bahasa juga. Mencoba untuk serius belajar mandiri gitu. Walaupun godaannya tetep aja banyak, terutama mager.


  • Waktu buat nonton drama


Nah ini sih dari dulu kudu wajib ada slotnya, sesibuk apapun. Kalau seselo sekarang? Begadangnya buat nonton drama ckck. Apalagi semenjak stok drama bertambah dengan merambah ke drama Korea Selatan. Paling kalau semua kerjaan dah selesai, yaa download variety show, drama sama film jepang atau korea. Bagusnya adalah menyelam sambil minum air. Sekalian belajar bahasa dan tulisannya. Apalagi gue orangnya sekalinya serius suka ya serius mengenalnya *ceilah* Jadi sekalinya suka drama gitu, semuanya bakalan gue cari tau, dari pemain sampe trivianya. Misalnya yang baru-baru ini, suka sama Descendants of The Sun karena ada Song Joong Ki. Semua tentang Song Joong Ki pasti gue kepoin. Semua yang berkaitan denga drama itu. Kadang kalau buat beginian nggak mau setengah-tengah. Sama halnya ketika jatuh cinta sama Arashi.
  • Waktu buat baca berita

Untungnya semenjak menjadi manusia selo, kembali lagi rajin bacanya. Bangun pagi-pagi buka handphone langsung baca Kurio (aplikasi berita gitu). Siang-siang nggak ada kerjaan buka kurio juga, malem-malem sebelum tidur juga baca kurio. Praktis banget makenya soalnya. Kadang bisa baca berita sampe sejam kalau beritanya lagi hot issues gitu. Sementara sih yang segmen favorit yang dibaca pasti top stories, technology, sama k-pop. Selain itu, jadi lumayan update sama berita yang sedang update gitu. Misalnya gempa Jepang dan Ekuador sabtu kemarin langsung tau karena ada notifikasi dari Kurio. Pokoknya rekomen banget buat kamu yang nggak punya tv kayak aku ini biar gak kudet.

  • Waktu selonya

Ini nih yang tumben ngerasanya macam liburan selalu. Waktu luangnya banyak, kalau kuliah udah kelar. Waktu selo ini biasanya dipake buat nyuci baju, nyetrika baju, beres-beres kamar kosan. Walaupun keseringan mager juga haha. Kadang dipake buat tidur lebih cepet juga waktunya sih. Sayangnya jadi jarang masak wkwk.
  • Waktu buat nulis

Ini sih emang targetku mulai semester ini. Dikarenakan selo dan kerjaannya sejauh ini belum menyita waktu sekali, gue memutuskan untuk lebih rajin-rajin nulis apapun. Kalau nginget masa SMA yang hectic dan jarang selonya, masih bisa produktif nulis (yaw ajar sih soalnya ikut ekstrakulikuler jurnalistik). Apalagi kalau baca tulisan jaman SMA, gileeee kadang nggak nyangka kalau yang nulis itu gue sendiri. Kalau sekarang mah, udah tumpul, nggak tajem lagi. Perlu waktu untuk ngeruncingin lagi. Perlahan-lahan mencoba untuk konsistenlah nulis. Walaupun susah sih, tapi tetep mencoba menyemangati diri gue sendiri.

  • Quality me time


Sekarang sih lebih sering habis kuliah pulang, kalau nggak ada kerjaan lagi. Akhirnya menghabiskan waktu di kamar sendiri. Lebih banyak berfikir ini dan itu. Mikirin masa depan *eaa* Mikir kok gue selo banget. Mikir kok nggak ada kerjaan. Mikir kok mager banget. Mikir kok jadi males banget ngecek handphone. Mikir kok jadi jarang olahraga. Mikir kok kebanyakan nonton rasanya. Mikir kok nggak produktif. Tetapi dibalik pertanyaan itu semua, kadang muncul pikiran ini “Katanya dulu pengen ngerasain kalau selo, kalau habis kuliah nggak ada kerjaan ya langsung pulang. Pengen ngerasain orang-orang pada bilang kamu nggak sibuk.” Jadi sejauh ini gue masih menikmati kok. Walaupun selo gini, gue juga sangat nggak suka kalau nggak menghasilkan apa-apa. Jadinya tetep masang target untuk diri sendiri. Mungkin sekarang ini disibukin sama KKN dan beberapa organisasi aja, tapi tetep mencoba untuk melakukan hal lain yang dapat meningkatkan produktivitas guelah haha.

Gue ngambil kesimpulan sendiri,
“Selama ada waktu untuk istirahat, istirahatlah. Selama ada waktu untuk menyenangkan diri sendiri, lakukanlah. Semasih ada waktu, apapun yang kamu lakukan nikmatilah.”

Dengan begitu, penyesalan akan kehilangan waktu lebih berkurang bahkan tidak ada. Cheers. 





No comments:

Post a Comment